Shalat Taubat


Shalat Taubat adalah shalat yang disunatkan. Shalat ini dilaksanakan ketika seseorang telah melaksanakan dosa atau maksiat atau merasa berbuat dosa, lalu bertaubat kepada Alloh Swt. Bertaubat dari segala sesuatu dosa artinya menyesal atas segala perbuatan yang telah dilakukannya, dan berniat tidak akan melakukannya lagi disertai dengan memohon Ampunan kepada Alloh Swt.

gambar orang sedang shalat


Pada Postingan Kali ini penulis akan memaparkan mengenai bagaimana  tatacara melakukan ibadah Shalat Taubat ini. Berikut ini adalah tata cara melaksanakan Shalat Sunat Taubat
 
Mengenai Tata cara melaksanakan Shalat Taubat ini adalah hampir sama dengan cara mengerjakan shalat sunnat yang lainnya, berikut uraian singkatnya :
a.  Jumlah raka’atnya bisa dikerjakan 2,4, sampai dengan 6 Raka’at.

b. Lafadz niat shalat taubat:

اصلى سنة التوبة ركعتين مستقبل القبلة أداء لله تعالى

Shalat sunat Taubat sedikitnya dikerjakan dua rakaat hingga enam rakaat dengan salam setiap dua rakaat.

c. Doa yang dibaca setelah Sholat Sunat Taubat:

اللهم اغفرلى ماقدمت وماأخرت وما اسررت ومااعلنت ومااسرفت وما انت اعلم به منى انت المقدم وانت المؤخر لااله الاانت سبحانك انى كنت من الظالمين  اللهم انى ظلمت نفسى ظلما كبيرا كثيرا ولايغفرالذنوب الاانت فاغفرلى مغفرة من عندك انك انت الغفور الرحيم
Atau:

استغفرالله العظيم. الذى لآاله الا هو الحى القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضرا ولانفعا ولاموتا ولاحياتا ولانشورا
Artinya:
“Aku mohon ampunan kepada Alloh yang Maha agung. Aku mengaku bahwa tiada Tuhan yang patut disembah melainkan Alloh Tuhan yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, aku memohon taubat kepadaNya, selaku taubatnya seorang hamba yang dhalim (aniaya terhadap diri sendiri), yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat madlarat dan manfa`at, untuk mati dan hidup maupun bangkit nanti”.

Atau :
اللهم انت ربى لآاله الاا انت خلقتنى وانا عبدك وانا على عهدك ووعدك مااستطعت اعوذبك من شرما صنعت ابوءلك بنعمتك علي وابوء بذنبى فاغفرلى فانه لايغفر الذنوب الا انت
Artinya:
“ Ya Alloh, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang menciptakan aku dan akulah hambaMu, dan akupun dalam ketentuan serta janjiMu sedapat mungkin aku lakukan. Aku mohon berlindung kepadaMu dari segala kejahatan yang telah yang telah Engkau ciptakan, aku mengakui ni`matMu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku,karena itu berilah ampunan kepadaku, tidak ada yang dapat memberi pengampunan, kecuali hanya kepada Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan dari segala kejahatan apa yang telah kulakukan.

Demikian Uraian Singkat mengenai Shalat Sunnat Taubat Semoga Postingan Ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi pembaca sekalian. Aamiin...
Terima kasih atas kunjungannya, dan Sampai Berjumpa kembali pada postingan berikutnya :)