Materi Kultum dan Ceramah Ramadhan


Bulan ramadhan yakni bulan yang barokah penuh maghfiroh, bulan yang penuh rahmat, dan ampunan, bulan yang penuh bersama nilai ibadah, dan berkah. Dalam bulan ini tidak sedikit mempunyai keistimewaan dan keutamaan yg banyak sekali. Di Mana terhadap bulan ini, aktifitas kajian islam dan ceramah keagamaan dijadikan adat dan aktifitas.


Salah satu faktor yang paling menonjol dan sekaligus jadi ciri khas yg ada terhadap bulan Ramadhan ialah ditandai dengan adanya istilah kuliah subuh, kuliah tujuh menit (kultum), pun pengajian pengajian yg khusus diadakan dibulan Ramadhan tersebut. Sehingga dari itu kepada postingan kali ini, perkenankan aku untuk menguraikan suatu materi pidato atau ceramah berkenaan hikmah atau keutamaan bulan ramadhan. mudah-mudahan berguna dan jadi nilai ibadah bagi kita seluruhnya.Aamiin



Contoh Kultum Ramadhan atau pidato mengenai keutamaan bulan ramadhan :

Assalamu'alaikum Wr.Wb


Hadirin sekalian yg berbahagia!

Kepada peluang yg berbahagia ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah yang sudah SWT yg sudah memberikan nikmat dan Hidayah-Nya.


Hadirin yg berbahagia, seluruhnya uamt islam kepada bulzn Ramadhan diwajibkan lakukan puasa sebulan penuh, dikecualikan bagi perempuan yg sedang haid, orang gila dan orang yg belum baligh, dan tetap tidak sedikit sample lainnya. Adapun berkenaan maksud dari puasa Ramadhan yakni biar menjadikan pribadi yg merasakan itu jadi yg berbakti terhadap Allah SWT. Buat mengetahui lebih menurutnya bakal diwajibkan berpuasa Ramadhan & Maksud dari berpuasa Ramadhan itu merupakan marilah kita simak bakal firman Allah kepada Surat Al Baqarah, tepatnya ayat 183 :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا 


كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


Artinya :

Hai beberapa orang yg beriman, diwajibkan atas anda berpuasa sama seperti diwajibkan atas beberapa orang sebelum anda biar anda bertakwa, (QS : Al-Baqarah Ayat : 183)


Para jama'ah yg berbahagia, di samping itu benar benar mutlak kita ketahui bakal hikmah puasa itu sendiri, ialah sebagai berikut :


Juga Sebagai tanda terima kasih pada Allah lantaran semua ibadah mengandung bukti syukur pada Allah.

1. Juga Sebagai pendidikan pada kepercayaan

2. Yang Merupakan pendidikan kepada kasih sayang terhadap fakir miskin

3. Yang Merupakan penjaga kesehatan.


Demikianlah hikmah puasa dan sebagai penutup dari perincian tengah malam ini, marilah kita lihat hadist Qudsi, yang artinya :

"Puasa itu yaitu semata-mata Untuk-Ku (Allah) dan Akulah (Allah) yang bakal memberikan padanya."

Hasilnya marilah kita memanjatkan do'a mudah-mudahan kita dikasih kemampuan yang menjalankannya sampai sebulan penuh. Mudah-mudahan amalan yg sudah kita kerjakan di terima oleh Allah


Terima kasih atas kunjungannya dan nantikan terhadap postingan berikutnya, Thanks for you watching : D